Kamis, 30 April 2009

PT.LION WINGS PRODUK EMERON SHAMPOO

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesempatan dan kesehatan dalam menyelesaikan makalah ini guna untuk memenuhi tugas Konsep Sistem Informasi (KONSEP SIFO). Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada :

1. Ibu Josephine Purba,S.KOM selaku Dosen pengajar.

2. Ibu Andreani Caroline Barus,SE selaku Dosen Wali.

3. Ibu Syanti Irviantina,S.KOM, M.KOM selaku Ketua Jurusan.

4. Kedua orang tua yang memberikan dukungan moril dan doa.

5. Sahabat-sahabat penulis yang banyak membantu menyelesaikan

makalah ini.

Dalam makalah ini penulis menyadari, masih banyak terdapat kekurangan dalam pengerjaannya, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna untuk menyempurnakan makalah ini.

Demikianlah yang dapat penulis sampaikan, penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Penulis mohon maaf jika dalam makalah ini terdapat kesalahan, semoga pembaca dapat memakluminya.

Medan, April 2009

Penulis,

NAOMI HESTY S S



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR 1

DAFTAR ISI 2

BAB I PENDAHULUAN 3

I.1 Latar Belakang 3

I.2 Maksud dan Tujuan 3

I.3 Perumusan Masalah 4

I.4 Sistematika Penulisan 4

BAB II LANDASAN TEORI 5

II.1 Latar Belakang PT. LION WINGS 5-6

II.2 Bidang Usaha yang dimiliki PT. LION WINGS 6

II.3 Perluasan PT. LION WINGS 6-9

II.4 Kronologi Perkembangan usaha PT. LION WINGS 9

BAB III PRODUK PT. LION WINGS 10

III.1 Produk Emeron Shampoo 10-11

III.2 Komponen Sistem Informasi 12-14

III.3 Persaingan yang terjadi pada PT. LION WINGS 14-15

III.4 Strategi PT. LION WINGS dalam memasarkan

Emeron Shampoo 15

BAB IV KESIMPULAN 16

BAB I

PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang Masalah

Karena semakin canggihnya teknologi dan banyaknya produk-produk keperluan sehari-hari yang beredar di lingkungan masyarakat pada saat sekarang ini, maka saya akan membahas tentang salah satu produk dari PT. LION WINGS yaitu Emeron Shampoo.

Emeron Shampoo adalah salah satu produk dari PT. LION WINGS yang mengutamakan kemurnian, yang terbuat dari bahan-bahan bermutu tinggi .

Bagi PT. LION WINGS, kualitas produk adalah hal yang paling utama. Emeron Shampoo terbuat dari zat aktif seperti Pro-vitamin, Molekul silicon, Ethyl Panthenol dan ekstrak tumbuh-tumbuhan tergantung kepada varian shampoo.

Sehingga konsumen juga menghargai kualitas produk yang tinggi dan mendapat kepuasan atas produk PT. LION WINGS.

I.2 Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan dalam pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah KONSEP SIFO dan untuk lebih memahami tentang komponen-komponen SIFO dan strategi-strategi apa yang sering digunakan oleh perusahaan yang sedang berkembang.

I.3 Perumusan Masalah

Sebuah system informasi yang efektif, dalam penyimpanan data penting di dalam sebuah perusahaan demi menjaga kerahasiaan perusahaan dalam penyimpanan data yang berhubungan dengan produk yang mereka hasilkan agar dapat bersaing dengan perusahaan yang lainnya walaupun produknya mempunyai kegunaan yang sama.Untuk itu perusahaan juga harus mempunyai strategi-strategi khusus untuk mengatasi semua tekanan persaingan dari berbagai arah, agar dapat mempertahankan proses kehidupan bisnisnya.

I.4 Sistematika Penulisan

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini dibahas tentang latar belakang permasalahan, maksud dan tujuan penulisan makalah, perumusan masalah, dan sistematika penulisan laporan.

BAB II LANDASAN TEORI

Dalam bab ini dibahas tentang pengertian dan latar belakang, bidang usaha, dan kronologi awal berdirinya PT. LION WINGS.

BAB III PRODUK PT. LION WINGS

Dalam bab ini akan dibahas tentang salah produk yang dihasilkan, komponen SIFO, berbagai macam tekanan persaingan yang umumnya sering terjadi dan strategi yang digunakan oleh PT. LION WINGS.

BAB IV KESIMPULAN

Dalam bab ini penulis akan membuat kesimpulan dari isi makalah yang telah penulis kerjakan.



BAB II

LANDASAN TEORI

II.1 Latar Belakang PT. LION WINGS

Didirikan pada tahun 1891, Lion Corporation bertekad untuk memenuhi keperluan sehari-hari dan memperkaya kehidupan umat manusia. Inovasi produk yang menawarkan nilai tambah maksimum senantiasa diupayakan untuk mengantisipasi keinginan konsumen kami.

Lion Corporation memiliki range produk yang sangat luas antara lain pasta gigi, sikat gigi, kosmetik, sabun, shampoo, detergent, detergent pencuci piring, pembersih alat-alat kebutuhan rumah tangga, hingga makanan dan obat-obatan. Semua produk-produk Lion corp. ini ditunjang dengan brand yang kuat dan market share yang tinggi di tiap-tiap market yang dimasukinya.

Lion corp memiliki pengalaman yang panjang di
Asia. Kerjasama dengan Wings grup, salah satu pemain terbesar di Indonesia untuk produk yang sama, Lion Corp. membentuk PT Lionindojaya pada tahun 1981. Sejak itu, Lionindojaya memantapkan posisinya di bidang marketing dan produksi dan untuk memenuhi permintaan yang terus membesar.

PT Lionindo telah memproduksi dan memasarkan produk-produk kepada berbagai segmen pasar dengan merek yang terkenal, bahkan saat ini Lionindojaya telah sukses menembus pasar eksport ke lebih dari 55 negara di seluruh dunia.

Seiring dengan perubahan komposisi kepemilikan saham, terhitung sejak awal tahun 2004, PT Lionindojaya berganti nama menjadi PT Lion Wings. Pergantian nama ini mencerminkan betapa perusahaan terus berkembang secara dinamis. Dengan menyandang nama baru, perusahaan berkomitmen untuk melayani pelanggan dan konsumen dengan lebih baik lagi.

II.2 Bidang Usaha yang dimiliki PT.LION WINGS

Perusahaan ini bergerak dalam bidang produksi sabun, deterjen, shampoo.

II.3 Perluasan PT.LION WINGS

Launching Shampoo Anti Ketombe ZINC
Pada bulan Oktober 2003, perusahaan meluncurkan produk baru yaitu shampoo anti ketombe dengan merek ZINC. Formula anti ketombe mutakhir hasil penelitian Lion Corp
Japan, yang diperkaya dengan Ginseng dan Menthol, menegaskan keunggulan kualitas dari ZINC. Tersedia dalam kemasan botol yang cantik dan sachet yang praktis, dengan harga yang ekonomis, menjadikan ZINC pilihan dengan VALUE terbaik. Itulah sebabnya pasar merespon peluncuran ZINC dengan sangat antusias.


Grup Wings Indonesia
www.wingscorp.com

Lion Corporation (Singapore)Pte. Ltd.
www.lioncorp.com.sg

Grup Wings Indonesia
www.wingscorp.com


Lion Corporation (Singapore)Pte. Ltd.
www.lioncorp.com.sg

Lion Corporation (Thailand) Ltd.
www.lion.co.th

Lion Corporation Japan
www.lion.co.jp

Lion Daily Necessities Chemical (Qingdao) Co. Ltd.
www.chinalion.cn

CJ LION (Seoul Korea) Co. Ltd. www.cjlion.net/en/cjlion/cjlion01.aspx

II.4 Kronologi Perkembangan usaha PT.LION WINGS

Seiring dengan perkembangan yang terjadi di dalam perusahaan, efektif per awal tahun 2004, PT. LION INDOJAYA berganti nama menjadi PT. LION WINGS. Dengan menyandang nama baru, PT. LION WINGS bertekad untuk terus memperbaiki pelayanan kepada para pelanggan maupun konsumen mereka.

PT. LION WINGS merupakan hasil sinergi dari dua perusahaan raksasa, yaitu LION CORPORATION Jepang dan WINGS GROUP Indonesia.

BAB III

PRODUK PT. LION WINGS

III.1 Produk Emeron Shampoo

Hair Care

EMERON SHAMPOO

Triplecare

Emeron shampoo formula baru dengan Triplecare, suatu kombinasi dari Pro Vitamin B5, Ethyl Panthenol, dan Glycine, membuat rambut menjadi lembut, sehat dan indah.
Tersedia dalam 5 (lima) pilihan ukuran yaitu, sachet 6ml, botol 50ml, botol 100ml, botol 200ml, dan botol 300ml. Di mana masing-masing ukuran memiliki 5 (lima) varian:
a. Urang Aring
b. Lida Buaya
c. Sari Mawar
d. Ginseng & Madu
e. Anti Ketombe

BAHAN-BAHAN YANG BERKUALITAS TINGGI
Zat aktif:

• Makro mulekul Silikonnya akan melapisi setiap helai rambut, menjadikan rambut halus, bebas rusak, dan mudah diatur

• Betainnya akan mencegah iritasi dan gatal-gatal pada kulit kepala serta membuat rambut menjadi lembut seperti rambut

• Pro-Vitamin B5 yang berfungsi untuk:
o Memperkuat akar rambut
o Mengurangi rambut rontok
o Mencegah rambut patah
o Mengurangi rambut kusut
o Membuat rambut mengembang
o Mencegah kerusakan rambut akibat pemakaian hair dryer

• Ethyl Panthenol yang berfungsi untuk:
o Mencegah kerusakan rambut akiba pemakaian hair dryer
o Menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala
o Menguatkan akar rambut

• Glycine yang berfungsi sebagai:
o Menguatkan helai rambut
o Mengandung Amino Acid yang berfungsi untuk membentuk pelindung rambut

TERBUAT DARI BAHAN-BAHAN ALAMI

Ekstrak
Di samping ingredient dasar di atas, Emeron shampoo mengandung ekstrak tertentu yang berbeda dari satu varian ke varian yang lain
a. Urang Aring (Hitam)
Menyuburkan dan menghitamkan rambut sehingga tampak indah dan bercahaya

b. Lidah Buaya (Hijau)
Melindungi rambut dari sinar ultra violet, melembabkan rambut, dan memberi efek dingin pada rambut
Menyuburkan rambut
Menambah vitalitas dan kekuatan rambut

sc. Sari Mawar (Merah)
Memberi efek dingin, melembabkan, dan melembutkan rambut. Memperbaiki tekstur dari rambut yang kering dan rusak

d. Ginseng dan Madu (Kuning)
Ginseng: menguatkan rambut
Madu: menambah elastisitas rambut dan mencegah kerontokan

e. Anti Ketombe (Putih)
Dengan ZPT dan Octopirok mengurangi dan bahkan menghilangkan ketombe.

III.2 Komponen Sistem Informasi

1. Sumber Daya Manusia

Semakin berkembangnya perusahaan PT.LION WINGS maka semakin banyak pula para tenaga ahli yang ikut bergabung di dalamnya.

Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan PT.LION WINGS merupakan perusahaan yang sangat berkembang sehingga banyak para ahli masuk dan ikut bergabung ke dalam PT.LiON WINGS.

2. Sumber Daya Hardware

PT.LION WINGS banyak menggunakan sumber daya hardware, misalnya untuk penyimpanan data dan untuk memproduksi suatu produk mereka menggunakan sumber daya hardware. Di samping itu perusahaan ini juga menggunakan computer yang berguna untuk penyimpanan data perusahaan, monitor video untuk membantu keamanan di dalam pabrik dan di dalam perusahaan.

3. Sumber Daya Software

Dalam pembuatan pembukuan laporan keuangan Lion Wings menggunakan software accurate dan pada saat menghasilkan produk juga dilakukan program-program system operasi.

4. Sumber Daya Data

LION WINGS adalah perusahaan yang besar dan bernilai milyaran rupiah serta pemasok barang-barang kebutuhan sehari-hari. Ini terbukti lebih dari 100 negara yang merupakan pelanggan dari LION WINGS. Tidak bisa dibayangkan apabila terjadi penerobosan system keamanan , maka akan banyak data penting perusahaan yang hilang.

5. Sumber Daya Jaringan

LION WINGS menggunakan perangkat genggam Nirkabel yang membantu para pakar dalam mengerjakan pekerjaannya. Perangkat genggam nirkabel dilengkapi dengan perangkat yang dapat mengirimkan suara dan data beroperasi dengan jaringan nirkabel lainnya.

LION WINGS juga menggunakan jaringan LAN, internet untuk perdagangan online. Dan lain sebagainya.

III.3 Persaingan yang terjadi pada PT. LION WINGS

Ada 5 daya kompetitif yang membentuk nasib perusahaan yaitu :

1. PESAING TRADISIONAL

Seluruh perusahaan berbagi pangsa pasar dengan pesaing lainnya yang secara berkelanjutan menggunakan cara baru yang lebih efisien untuk berproduksi dengan memperkenalkan produk dan jasa yang baru dan mencoba untuk menarik pelanggan dengan mengembangkan merek dan mengenakan biaya perusahaan kepada konsumen.

2. PEMAIN BARU DI PASAR

Pada ekonomi bebas dengan sumber tenaga kerja dan keuangan yang dapat bergerak, perusahaan baru selalu memasuki pasar, tetapi pada beberapa indusri terdapat halangan yang sangat rendah untuk memasuki pasar, dimana pada industri lainnya memasuki pasar adalah hal yang sulit.

3. PRODUK DAN JASA PENGGANTI

Hampir semua industri terdapat pengganti yang mungkin digunakan oleh pelanggan demi harga yang murah dengan kualitas yang sama.

4. PELANGGAN

Perusahaan yang untung bergantung kepada pengukuran besar atas kemampuannya menarik perhatian pelanggan (dengan tidak membebankan harga yang tinggi kepada pelanggan).

5. PEMASOK

Kekuatan pasar pemasok dapat memiliki dampak penting pada keuntungan perusahaan, terutama jika perusahaan tidak dapat menaikkan harga, sementara pemasok bisa. Semakin banyak pemasok berbeda yang dimiliki perusahaan maka semakin besar kendali yang dapat dijalankan atas pemasok dalam bentuk harga, kualitas, dan jadwal pengiriman.

III.4 Strategi PT.LION WINGS dalam memasarkan produk Emeron Shampoo.

Di dalam menghadapi persaingan antar perusahaan, PT. LION WINGS memiliki strategi-strategi yaitu:

1. KEPEMIMPINAN HARGA RENDAH

Menetapkan harga yang terjangkau dengan kualitas tinggi. Dengan cara membatasi biaya distribusi serta turun langsung ke lapangan untuk memasrakan produknya.

2.DIFRENSIASI PRODUK

Memperkenalkan Emeron Shampoo dengan berbagai varian dengan kelebihannya masing-masing. Meciptakan cirri khas tersendiri dengan menambah isi ml dari ukuran biasanya.

3. BERFOKUS PADA PELUANG PASAR

Emeron Shampoo menggunakan system informasi pelangganyang berbeda. Emeron Shampoo masuk ke dalam pasar dengan cara promosi dengan berbagai lomba “Rambut Emeron” di kalangan masyarakat.

4. MENGUATKAN KEAKRABAN PELANGGAN DAN PEMASOK

Menggunakan system informasi untuk memfalisitasi akses langsung dari pemasok terhadap jadwal produksi dan bahkanmengizinkan pemasok untuk memutuskan bagaimana dan kapan mengirim pasokan kepada pemasok. Selain itu LION WINGS juga memberikan angket kepada pelanggan untuk keluhan pelanggan.

BAB IV KESIMPULAN

PT. LION WINGS adalah sebuah perusahaan besar dan berkembang, yang memiliki berbagai macam produk. Adapun tujuan utama perusahaan ini adalah untuk memenuhi keperluaan masyarakat umum sehari-hari. Dalam menghasilkan produk perusahaan ini selalu mengutamakan kualitas dengan harga yang terjangkau, serta memberikan kepuasan kepada para pelanggan. Perusahaan ini juga dberkembang secara dinamis dengan memiliki komitmen tetap yaitu;

melayani pelanggan dan konsumen dengan lebih baik dan lebih baik lagi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar